Pengunjung

Sabtu, 01 Februari 2014

MANUSIA

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang berbahagia!

Allah SWT menciptakan makhluk begitu lengkap, yang paling diunggulkan dan diutamakan yaitu kita manusia sebagaimana dalam firman Allah SWT:

LAQOD KHOLAQNAL INSAANA FII AHSANI TAQWIIM

"Sesungguhnya Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk yang paling baik (sempurna)".


Kita, manusia oleh Allah disebut insan yang mempunyai arti tukang lupa, kalau melahirkan alias beranak betul sakit ibu? Serta takut taruhannya mengorbankan nyawa sang bu? Seumpamanya terus ibu ingat terhadap sakitnya melahirkan, pastilah tidak bakal hamil lagi-hamil lagi.

Begitu juga manusia bisa disebut an'am, artinya tukang tidur, boro-boro malam bahkan siang juga suka tidur, malahan sedang mengaji juga suka nyenyak tidur, cuman karena tidurnya dalam keadaan duduk, maka disebut ngantuk ya bu?

Para hadirin yang berbahagia!

Oleh orang sunda suka disebut "Jelema" artinya jul jol ti ema (keluar dari ibu) sanes bijil tina belah batu (bukan keluar dari belahan batu), pantesan diperintahkan oleh Allah supaya bisa berterima kasih kepada ibu yang mengeluarkan kita.

Ada lagi julukan kita itu manusia, artinya dalam bahasa sunda mana nu sia, bongan hawek sagala diakui (karena serakah serba diakui), diantaranya kebun punya saya, sawah yang saya, kolam yang saya, pokoknya serba diakui, semua punya saya, padahal semuanya sekedar titipan Allah sekedar inventaris, sekedar hak guna pakai, tapi seumpamanya dipanggil ke alam barjah (menghadap) kepada Allah, itu yang suka diakui punya saya, tidak pernah terbawa ke liang lahat, hanya sekedar kain kafan dan kapas, begitu juga dibelikan oleh saudara dan tetangga.

Makanya kita selagi hidup sedekahkanlah dan infakanlah di jalan fisabilillah, supaya menjadikan amal sholeh yang akan menemani kita di alam kubur, khususnya kepada orang yang kaya supaya tidak menuntut di akhirat kelak.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan kritik dan saran anda diblog ini