Pengunjung

Sabtu, 30 Agustus 2014

ILMU TAUHID

Ilmu Tauhid ialah ilmu yang membicarakan soal-soal aqaid yakni segala keyakinan dan kepercayaan dalam Agama Islam dengan dalil-dalil yang yakin.


Arti kata Tauhid ialah "meng-Esakan" dari bahasa Arab "Wahhada-yuwahhidu-tauhid". Jadi bertauhid artinya meng-Esakan Tuhan pencipta semesta alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya dengan keyakinan yang bulat. Sehingga yakin seyakin-yakinnya bahwa Allah Maha Kuasa tidak ada yang bisa menandinginya.

Adapun sebabnya ilmu yang membicarakan soal-soal kepercayaan dalam Agama Islam itu dinamakan Ilmu Tauhid, karena soal yang terpenting dalam ilmu ini adalah mengenai keesaan Allah. Yakni yang terpenting dari pada ilmu ini ialah mengenai soal adanya Tuhan yang Maha Esa dengan segala sifat-sifat-Nya. Adapun soal-soal yang lain adalah soal yang nomor dua. Jadi ilmu ini diberi nama dengan salah satu bab yang terpenting dalam ilmu tersebut.

Soal kepercayaan tentang adanya Tuhan dengan sifat-sifatnya itu dikatakan yang terpenting, karena inilah menjadi inti Agama. Iman tentang adanya Tuhan dan keesaan-Nya akan memberikan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Bahkan seseorang yang mempercayai dengan sepenuh hatinya dan dibenarkan oleh lisannya dan perbuatannya atas adanya Tuhan dan keesaan-Nya, maka dia berhak memiliki surga Allah kelak, termasuk manusia yang berbahagia dunia akhirat. Soal keesaan Allah itu tercantum dalam Al-Qur'an:

قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ

"Katakanlah Muhammad, Dia Allah dzat yang Maha Esa". - Al-Ikhlas: 1.

Kadang-kadang ilmu Tauhid itu disebut juga dengan Ilmu Ushuluddin.

Sekian postingan dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menulis postingan di atas.

= Semoga Bermanfaat =

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan kritik dan saran anda diblog ini